Rabu, 30 Januari 2013

tips perawatan ban motor



Berawal dari kejengkelan saya terhadap ban motor saya yang biasanya g nyampe seminggu bocor dan harus di tambal,dan tak jarang saya harus menggantinya sayapun mencari artikel tentang bagaimana merawat ban motor saya agar awet .

 Ada beberapa tips yang harus di terapkan jika ban motor teman2 tetep awet agar biaya perawatan motor kita berkurang, lumayan kan uangnya bisa di pake buat ngedet......................he..he

Ada beberapa tips yang bisa di terapkan yaitu:
  • Periksa secara rutin tekanan angin (baiknya setiap hari pada saat udara dingin). Samakan tekanan angin antara yang depan dan belakang. Sebab laju sepedamotor yang tidak seimbang berbahaya sekali buat mengendarai dan pengereman. 
  • Periksa secara berkala kondisi visual ban secara keseluruhan.
  • Buang benda-benda yang menempel pada alur ban seperti batu kerikil, paku, besi, dan sebagainya karena dapat merusak alur ban.
  • Bersihkan ban yang terkena oli/gemuk dengan air.
  • Jika telapak pada ban sudah aus akan membuat ban mudah tertusuk atau rusak.
  • Ganti segera ban luar jika telah mencapai batas ke-ausan.
  • Selain jarak tempuh, sihu dan cuaca juga cukup mempengaruhi kinerja ban pada motor. Kondisi jalan yang pada panas pada musim kemarau bisa membuat usia ban menjadi lebih pendek dibandingkan musim hujan.
  • Sempurnakan cara berkendara motor. Pasalnya, cara berkendara yang serung melakukan pengereman mendadak juga mempengaruhi keawetan ban motor.

ok sekian dari saya saya dan semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar